PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAWANGAN

NUGRAHENI, LUTFI PUTRI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAWANGAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lutfi putri nugraheni_17712251041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan bahan ajar berbasis realistic mathematics education yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 2) mengetahui keefektifan bahan ajar berbasis realistic mathematics education yang dihasilkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri kelas IV SD di Kecamatan Sawangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Sawangan, yang meliputi 12 siswa pada uji coba awal, 42 siswa pada uji coba lapangan, serta 90 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol pada uji coba operasional. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan adalah analisis deskriptif, uji-t, dan MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan: 1) bahan ajar berbasis realistic mathematics education yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta respon guru dan siswa; 2) bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri pada 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05. Bahan ajar berbasis realistic mathematics education ini juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri siswa yang terbukti berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, percaya diri, bahan ajar, realistic mathematics education
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:53
Last Modified: 05 Dec 2022 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75465

Actions (login required)

View Item View Item