Pengembangan Media Picture Story Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

DARMAWAN, LUTFI ANDI (2022) Pengembangan Media Picture Story Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lutfi andi darmawan_19712251066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media picture Story Book yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD, (2) menghasilkan media picture Story Book yang praktis untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD dan (3) mengungkapkan keefektifan media yang dihasilkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Brog & Gall yang terdiri atas 10 langkah, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba awal, 5) revisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk, 8) uji coba operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) desiminasi dan implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Pengumpulan data pada studi awal dilakukan melalui observasi dan wawancara. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji MANOVA dengan uji prasyarat uji normalitas multivariat dan uji homogenitas varian kovarian dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa media picture Story Book. Media tersebut layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan kategori “sangat layak”. Independent sample t-test pada kemampuan berpikir kreatif menghasilkan nilai signifikasi 0,008 (kelas kontrol-kelas eksperimen), yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan media picture Story Book. Independent sample t-test pada hasil belajar siswa menghasilkan nilai signifikasi 0,001 (kelas kontrol-kelas eksperimen), yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media picture Story Book. Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang dapat diartikan bahwa media picture Story Book berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: picture story book, berpikir kreatif, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:51
Last Modified: 05 Dec 2022 04:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75463

Actions (login required)

View Item View Item