Pengembangan Multimedia Interaktif Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep PKn Siswa Kelas IV SD segugus 3 Kecamatan Banguntapan

Sekarwangi, Tunjung (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep PKn Siswa Kelas IV SD segugus 3 Kecamatan Banguntapan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_tunjung sekarwangi_19712251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan Multimedia Interaktif Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep PKn Siswa Kelas IV SD segugus 3 Kecamatan Banguntapan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berupa software ditinjau dari kelayakan hasil validasi oleh ahli dan mengetahui keefektifan multimedia dalam pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep PKn siswa kelas IV SD segugus 3 Kecamatan Banguntapan. Penelitian ini menerapkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan model Borg and Gall (1983). Ada 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi hasil uji coba terbatas, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba produk operasional, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) tahap desiminasi dan penyebaran produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD segugus 3 kecamatan Banguntapan. Pengumpulan data pada studi awal dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa. Analisis data menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji MANOVA dengan uji prasyarat uji normalitas multivariat dan uji homogenitas varian kovarian dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dihasilkan berupa software yang layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan media serta hasil angket respon guru dan siswa. Kemudian hasil uji Independent Samples t Test, Paired Samples t Test dan uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep PKn siswa kelas IV SD segugus 3 kecamatan Banguntapan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep PKn, Multimedia Interaktif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:48
Last Modified: 05 Dec 2022 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75461

Actions (login required)

View Item View Item