Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SD N Tegiri Kokap saat Pembelajaran Daring masa Pandemi Covid-19.

Edyyanto, Rohmat (2022) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SD N Tegiri Kokap saat Pembelajaran Daring masa Pandemi Covid-19. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_rohmat edyyanto_19712251067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini yang pertama bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pola asuh demokatis orang tua terhadap motivasi belajar siswa SDN Tegiri Kokap selama pembelajaran daring. Kedua penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa SDN Tegiri Kokap selama pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto atau disebut juga after the fact artinya penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penyebab terhadap persitiwa yang sudah terjadi.Populasi pada penelitian ini semua siswa SD N Tegiri Kokap yang terdiri 75 siswa, dan dengan rumus Slovin maka jumlah sampelnya yaitu 64 siswa. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil uji validitas instrument penelitian menunjukan r hitung dari seluruh butir variable pola asuh demokratis dan motivasi belajar lebih besar dari r tabel. Sehingga, semua butir variabel dapat dikatakan valid. Uji reliabelitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan batas minimal 0.70. Hasil uji reliabelitas variable pola asuh demokratis yaitu sebesar 0.960, dan variabel motivasi belajar sebesar 0.977 yang berarti kedua variable lolos uji reliabelitas. Hasil penelitian ini yang pertama pola asuh demokratis orang tua berpengaruh positif secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa SDN Tegiri Kokap selama pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t, bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Nilai t hitung sebesar 26.986 dan diketahui bahwa t tabel adalah 1.999 maka nilai t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga dapat diartikan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima di sisi kanan Ho. Jadi, pola asuh demokratis berpengaruh positif secara signifikan terhadap motivasi belajar. Kedua pola asuh demokratis orang tua berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa SDN Tegiri Kokap selama pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t, bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Nilai t hitung sebesar 54.077 dan diketahui bahwa t tabel adalah 1.999 maka nilai t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga dapat diartikan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima di sisi kanan Ho. Jadi, pola asuh demokratis berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, motivasi belajar, hasil belajar kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:29
Last Modified: 05 Dec 2022 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75456

Actions (login required)

View Item View Item