Analisis Penyampaian Materi Permainan Bola Voli Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas PJOK di SMP Negeri 2 Nanggulan Kulon Progo

Saputra, Edo (2022) Analisis Penyampaian Materi Permainan Bola Voli Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas PJOK di SMP Negeri 2 Nanggulan Kulon Progo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_edo saputra_18601244037.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak terhadap bidang pendidikan di Indonesia. Sistem pembelajaran mulai berubah-ubah dari pembelajaran daring kemudian pada Juli 2021 pemerintah mulai menerapkan sistem pembelajran tatap muka terbatas. Hal ini mempengaruhi proses pembelajaran terutama mata pelajaran PJOK yang banyak melalui aktivitas gerak seperti materi permainan bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyampaian materi permainan bola voli dalam pembelajaran tatap muka terbatas PJOK di SMP Negeri 2 Nanggulan Kulon Progo Jenis Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 1 guru PJOK, 1 Kepala Sekolah, dan 8 peserta didik kelas viii. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyampaian materi permainan bola voli dalam pembelajaran tatap muka terbatas PJOK di SMP Negeri 2 Nanggulan sudah berjalan cukup baik dilihat dari indikator keberhasilan pembelajaran rata-rata sudah mencapai kkm, namun masih terdapat beberapa kendala. Metode dan strategi dari guru PJOK sangat mempengaruhi dalam keberlangsungan proses pembelajaran terutama materi yang banyak melalui praktik seperti permainan bola voli.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: penyampaian materi, permainan bola voli, pembelajaran tatap muka terbatas PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:37
Last Modified: 22 Nov 2022 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75153

Actions (login required)

View Item View Item