Hubungan Aktivitas Fisik dan Kemampuan Motorik Dengan Prestasi Belajar PJOK Pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul

Nastomi, Novi Dian (2022) Hubungan Aktivitas Fisik dan Kemampuan Motorik Dengan Prestasi Belajar PJOK Pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_novi dian nastomi_18601241027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara aktivitas fisik dengan prestasi belajar PJOK pada peserta didik di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul. (2) Hubungan antara kemampuan motorik dengan prestasi belajar PJOK pada peserta didik di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul. (3) Hubungan antara aktivitas fisik dan kemampuan motorik dengan prestasi belajar PJOK pada peserta didik di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul yang berjumlah 125 peserta didik. Teknik sampling yaitu total sampling. Instrumen aktivitas fisik menggunakan PAQ-A, kemampuan motorik menggunakan Barrow Motor Ability Test, dan prestasi belajar PJOK menggunakan nilai raport. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik terhadap prestasi belajar PJOK peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul, dengan nilai r hitung 0,730 dan sumbangan efektif sebesar 20,68%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan motorik terhadap prestasi belajar PJOK peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul, dengan nilai r hitung 0,756 dan sumbangan efektif sebesar 38,32%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dan kemampuan motorik terhadap prestasi belajar PJOK peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Kabupaten Gunung Kidul, dengan nilai F hitung 87,693 dan sumbangan sebesar 59,0%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kemampuan motorik, prestasi belajar PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:27
Last Modified: 26 Oct 2022 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74745

Actions (login required)

View Item View Item