Efektivitas Teknik Modeling Terhadap Peningkatan Empati dan Resiliensi Peserta Didik di SMP Negeri 1 Yogyakarta.

Nurkholipah, Siti and Purwanta, Edi (2019) Efektivitas Teknik Modeling Terhadap Peningkatan Empati dan Resiliensi Peserta Didik di SMP Negeri 1 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-siti nurkholipah-16713251036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Peserta didik sebagai makhluk sosial dituntut untuk memiliki kepedulian terhadap sesama dengan cara berempati serta memiliki resiliensi yang baik sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori dan berbagai hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa teknik modeling efektif terhadap peningkatan empati maupun terhadap peningkatan resiliensi, namun pada penelitian ini, teknik modeling belum terbukti efektif terhadap peningkatan empati dan resiliensi peserta didik di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menguji apakah teknik modeling efektif terhadap peningkatan empati dan resiliensi peserta didik di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment, yang menggunakan non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 12 peserta didik SMP Negeri 1 Yogyakarta yang ditetapkan melalui teknik purposive sampling yaitu yang memiliki tingkat empati dan resiliensi yang rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala empati dan skala resiliensi. Analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh setelah diberikan treatment, dan uji Mann Whitney (U) untuk mengetahui tingkat efektifitas teknik modeling terhadap empati dan resiliensi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik modeling efektif terhadap peningkatan empati dan resiliensi peserta didik. Hal ini berdasarkan dengan hasil uji statistik Mann Whitney yang menunjukkan bahwa nilai Z= -2,898 dengan (p≤0,05) dan pada resiliensi nilai Z= -2,892 dengan (p≤0,05) yang berarti terdapat perbedaan antara kemampuan empati dan resiliensi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi para pendidik dalam rangka mengembangkanempati dan resiliensi peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teknik Modeling, Empati, Resiliensi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:07
Last Modified: 20 Oct 2022 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74691

Actions (login required)

View Item View Item