Determinan Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Era Digital di Kota Yogyakarta.

Agustiningsih, Rini and Suardiman, Siti Partini (2022) Determinan Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Era Digital di Kota Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-rini agustiningsih-18703264001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan secara empiris peran kepala sekolah, budaya sekolah, imbalan guru, kemampuan guru, komitmen guru, motivasi kerja guru, dan kinerja guru TK era digital (2) mengungkapkan pengaruh peran kepala sekolah, budaya sekolah, imbalan guru, kemampuan guru, komitmen guru, dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru TK; dan (3) menemukan model struktur hubungan kausal determinan kinerja guru TK era digital. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan bersifat ex-post facto. Penelitian dilakukan di sekolah TK negeri dan swasta di Kota Yogyakarta. Populasi penelitian adalah 252 guru TK yang ada di empat kecamatan di Kota Yogyakarta, dan sampelnya 160 guru yang ditentukan dengan formula Krejcie dan Morgan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan dan dokumentasi. Validitas isi dilakukan melalui expert judgement. Validasi konstruk dilakukan dengan analisis faktor dan reliabilitas ditentukan dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa peran kepala sekolah (X1), budaya sekolah (X2), kemampuan guru (X4), komitmen guru (X5), motivasi kerja guru (X6), dan kinerja guru (Y) termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan kualitas untuk imbalan guru (X3) termasuk dalam kategori rendah. (1) Hasil analisis regresi ganda menunjukkan: (a) ada pengaruh yang signifikan peran kepala sekolah, budaya, dan imbalan guru terhadap kemampuan guru, dengan sumbangan sebesar 23,9%; (b) ada pengaruh signifikan peran kepala sekolah, budaya, dan imbalan guru terhadap terhadap komitmen guru, dengan sumbangan sebesar 16,7%; (c) ada pengaruh signifikan peran kepala sekolah, budaya, imbalan guru, kemampuan guru, dan komitmen guru terhadap motivasi kerja guru, dengan sumbangan sebesar 29,1%; dan (d) ada pengaruh signifikan peran kepala sekolah, budaya, imbalan guru, kemampuan guru, komitmen guru, dan motivasi kerja guru TK terhadap kinerja guru, dengan sumbangan sebesar 36,8%. Berdasarkan harga prediktor dan konstanta dari hasil regresi ganda, dapat disusun persamaan garis regresi sebagai berikut: Y = 521,017+0,388 X1-0,221 X2+0,601 X3+0,299 X4 + 0,224 X5+0,835 X6. (2) Berdasarkan hasil dari analisis jalur dapat ditemukan model struktur hubungan kausal peran kepala sekolah, budaya sekolah, imbalan, kemampuan guru, komitmen guru, motivasi kerja guru, dan kinerja guru, yang teruji secara empiris.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:47
Last Modified: 19 Oct 2022 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74672

Actions (login required)

View Item View Item