Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Berbasis Olahraga Tradisional dalam Peningkatan Karakter dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.

Susanto, Susanto and Siswantoyo, Siswantoyo (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Berbasis Olahraga Tradisional dalam Peningkatan Karakter dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-susanto-18703264025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran penjasorkes berbasis olahraga tradisional untuk siswa sekolah dasar kelas bawah dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan karakter dan berpikir kritis. Model pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan sebagai wahana aktivitas siswa dalam menanamkan nilai-nilai karakter dan berpikir kritis sejak dini. Model pembelajaran ini dibuat secara seri atau post sehingga dapat dimainkan baik secara individu maupun kelompok dan dapat dipertandingkan antar kelompok dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Bahan dan metode. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel, dengan langkah- langkah sebagai berikut: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) diffuse. Uji coba produk dilakukan pada siswa sekolah dasar negeri. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) pedoman observasi, (2) pedoman wawancara, (3) angket penilaian ahli materi, (4) angket penilaian ahli media, (5) angket penilaian ahli karakter, (6) angket penilaian karakter, (7) angket penilaian berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Hasil. Hasil penelitian berupa model pembelajaran penjasorkes berbasis olahraga tradisional dan buku panduan pembelajaran bagi siswa. Model pembelajaran terdiri dari lima pos permainan, yaitu: (1) permainan huruf S, (2) permainan huruf A, (3) permainan huruf N, (4) permainan huruf T, dan (5) permainan huruf O. permainan. satu bentuk. serangkaian kegiatan permainan yang disebut permainan letter. Kesimpulan. Pada akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penjasorkes berbasis olahraga tradisional yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan karakter dan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Olahraga Tradisional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:43
Last Modified: 13 Oct 2022 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74633

Actions (login required)

View Item View Item