Praksis Nilai-Nilai Budaya Lokal untuk Meningkatkan Mutu Sekolah di SMAN 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat.

Fitrah, Hariki and Sugiharsono, Sugiharsono (2022) Praksis Nilai-Nilai Budaya Lokal untuk Meningkatkan Mutu Sekolah di SMAN 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-hariki fitrah-16703261059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengeksplorasi budaya-budaya lokal yang dikembangkan untuk meningkatkan mutu sekolah di SMAN 1 Lubuk Alung; (2) mengetahui nilai-nilai budaya lokal untuk meningkatkan mutu sekolah di SMAN 1 Lubuk Alung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tempat atau lokasi penelitian di SMAN 1 Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua siswa dan masyarakat. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri. Sumber data diperoleh berasal dari data primer yaitu data yang langsung di peroleh dari informan dan juga data sekunder atau pendukung (data prestasi siswa, rapor mutu sekolah dan dokumentasi kegiatan siswa. Untuk penentuan informan penelitian dilakukan dengan teknik snowball sampling. Pengambilan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara dan dokumen. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan perpanjangan pengamatan Analisis data menggunakan: (1) analisis domain, (2) analisis taksonomi, (3) analisis komponen, dan (4) analisis tema budaya. Terdapat dua temuan dalam penelitian ini. Pertama, budaya- budaya sekolah yang dikembangkan untuk meningkatkan mutu sekolah di SMAN 1 Lubuk Alung terdiri dari; (1) budaya daerah (budaya malamang yaitu tradisi dalam memasak lamang, budaya badoncek yaitu tradisi dalam membantu siswa yang kurang mampu dan budaya bajamba yaitu tradisi makan bersama); (2) budaya literasi, yaitu budaya sekolah yang mengembangkan minat baca siswa; (3) budaya sehat dan bersih yaitu budaya yang membangun sikap cinta lingkungan; (4) budaya religi yaitu budaya yang membentuk sikap religius pada peserta didik dan (5) budaya sekolah ramah anak yaitu budaya yang memberikan pelayanan yang baik kepada peserta didik. Kedua, nilai-nilai budaya lokal yang dikembangkan untuk meningkatkan mutu sekolah di SMAN 1 Lubuk Alung meliputi nilai kerjasama, nilai gotong royong, nilai kebersamaan, nilai religius, nilai sejarah, nilai sosial, nilai tolong menolong, nilai saling menghormati, nilai kesehatan, nilai disiplin, nilai tanggung jawab, nilai kerja keras, nilai kompetisi, nilai nilai motivasi, nilai kreatif, nilai keindahan, nilai cinta lingkungan, nilai keteladanan, nilai cinta kepada sang pencipta dan nilai kasih sayang

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Mutu sekolah, nilai budaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:52
Last Modified: 10 Oct 2022 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74597

Actions (login required)

View Item View Item