Pengukuran Karakter Intelektual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Rizqa, Miftahir and Kumaidi, Kumaidi (2022) Pengukuran Karakter Intelektual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-miftahir rizqa-16701261027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan konstruk instrumen untuk mengukur karakter intelektual siswa sekolah menengah pertama (SMP), (2) mengestimasi kualitas instrumen yang dihasilkan, (3) mengungkap hasil pengukuran karakter intelektual pada siswa SMP di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Sumatera Barat Sumbar). Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan instrumen dan tahap pengukuran. Pada tahap pengembangan instrumen, dihasilkan perangkat instrumen yang diujicobakan kepada 200 siswa dari dua sekolah berupa skala karakter intelektual level SMP. Pada tahap pengukuran, digunakan skala karakter intelektual level SMP untuk menggambarkan agregat level karakter intelektual terhadap 922 siswa dari delapan sekolah. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP negeri di Provinsi DIY dan Sumbar. Data hasil uji coba instrument dan pengukuran dianalisis untuk estimasi validasi isi, validasi kontruk, reliabilitas dan estimasi parameter butir. Validasi isi menggunakan Formula Aiken, sedangkan validasi konstruk menggunakan Lisrel. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan konstruk reliabilitas menggunakan output CFA. Estimasi parameter butir menggunakan teori respon butir Rasch Model dengan bantuan program Winstep. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen yang dihasilkan terbukti secara teoritis dan empiris berdasarkan indeks validitas kontruk dan standardised factor loadings (SLF) di atas 0,5 dan nilai t di atas 1,29. (2) Kualitas instrumen terbukti secara empiris melalui validitas isi, validitas kontruk dan reliabilitas. Instrumen valid secara isi berdasarkan nilai rata-rata indeks Aiken > 0,87 yaitu 0,92. Instrumen valid secara konstruk berdasarkan: a) Chi square < 2df yaitu 193,62 (df=165), b) p-value > 0,05 yaitu 0,06316, c) RSMEA < 0,05 yaitu 0,030. Reliabilitas sudah terpenuhi dengan koefisien alpha 0,876 dan konstruk reliabilitas sebesar 0,8802 > 0,7; estimasi parameter butir menggunakan Rasch Model, Item dikatakan baik berdasarkan Outfit MNSQ sebesar 0,5 sampai dengan 1,5 yaitu 0,59 sampai 1,10 atau nilai Outfit ZSTD sebesar -2 sampai dengan 2, atau Pt-measure Corr bernilai positif maka dapat dikatakan butir tersebut fit atau cocok terhadap model. (3) Karakter intelektual pada siswa SMP di Provinsi DIY dan Sumbar berada pada kategori sedang. Karakter intelektual siswa di sekolah dengan kategori tinggi lebih baik dari pada siswa di sekolah dengan kategori sedang dan rendah. Siswa di sekolah sedang memiliki karakter intelektual lebih baik dibandingkan dengan sekolah berkategori rendah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: karakter intelektual, pengukuran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2022 05:21
Last Modified: 06 Oct 2022 05:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74570

Actions (login required)

View Item View Item