Model Evaluasi Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah SMA.

Najah, Triwid Syafarotun and Zamroni, Zamroni (2022) Model Evaluasi Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-triwid syafarotun najah-16701261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model evaluasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah yang memenuhi kriteria fit model untuk mengevaluasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah di sekolah menengah atas, (2) menghasilkan model evaluasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah yang layak dan praktis, dan (3) menghasilkan panduan model evaluasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah SMA yang dikembangkan. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) dalam penelitian ini merujuk pada pendekatan Borg dan Gall dengan menyederhanakan 10 tahapannya menjadi 4 tahap, yaitu: (1) Tahap investigasi awal dilakukan sebagai langkah awal untuk analisis kebutuhan terhadap model evaluasi yang akan dikembangkan, dengan melibatkan pakar dan praktisi. (2) Tahap desain model evaluasi didahului dengan melakukan telaah teori, konsep, hasil penelitian yang relevan, journal penelitian baik tentang kepemimpinan instruksional maupun evaluasi, hasil wawancara pada investigasi awal tentang kepemimpinan instruksional kepala sekolah, dan validasi pakar. (3) Tahap uji coba dan revisi model evaluasi dilakukan untuk mengetahui validitas empirik dan reliabilitas Model Evaluasi KIKS yang didukung dengan instrumen model evaluasi, tahap uji coba terdiri dari dua uji coba model evaluasi yaitu, uji coba terbatas dan uji coba diperluas (skala luas). (4) Tahap implementasi diharapkan para pengguna Model Evaluasi KIKS dapat memberikan penilaian terkait komponen dan cakupan model evaluasi, kemanfaatan, dan kepraktisan Model Evaluasi KIKS. Komponen model evaluasi mencakup model evaluasi input, process, dan outcome. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik expert judgment, dan angket. Analisis model evaluasi secara kuantitatif menggunakan exploratory factor analysis (EFA) program SPSS statistics dan confirmatory factor analysis (CFA) menggunakan LISREL 8.50 for windows. Hasil penelitian bahwa: (1) Model Evaluasi KIKS telah dihasilkan melalui proses pengembangan: investigasi awal, desain model, uji coba dan revisi model, teruji secara empirik memenuhi kriteria goodness of fit yang baik berdasarkan nilai loading factor > 0.3, P = 0.075 > 0.05, RMSEA = 0.041 < 0.08, NFI = 0.98, CFI = 0.99, GFI = 0.95, dan AGFI = 0.92 sudah di atas 0.90, dengan model evaluasi: input, process, serta outcome, untuk mengevaluasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah di sekolah menengah atas; (2) Model Evaluasi KIKS telah dihasilkan secara empirik dinyatakan memiliki kelayakan yang baik (3,4 < X ≤ 4,2) berdasarkan penilaian cakupan, manfaat, dan kepraktisan, dengan nilai rerata 4.19 pada uji implementasi, serta Model Evaluasi KIKS mudah, sederhana dalam penggunaannya, dan dapat memberikan informasi yang rinci, utuh dan lengkap tentang kepemimpinan instruksional kepala sekolah, dan (3) Panduan Model Evaluasi KIKS telah dihasilkan pada kualifikasi baik (3,4 < X ≤ 4,2) dengan nilai rerata 4.1, jadi layak digunakan untuk mengevaluasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, input, process, outcome, kepemimpinan instruksional.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:36
Last Modified: 06 Oct 2022 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74569

Actions (login required)

View Item View Item