Penilaian Perkembangan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SMA/MA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Penyetaraan Vertikal Metode Mean & Mean.

Lina, Lina and Retnawati, Heri (2022) Penilaian Perkembangan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SMA/MA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Penyetaraan Vertikal Metode Mean & Mean. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-lina-16701261022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan tes yang digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan bahasa Inggris, (2) menyusun persamaan konversi penyetaraan vertikal kemampuan bahasa Inggris, dan (3) menganalisis perkembangan kemampuan bahasa Inggris siswa SMA/MA Provinsi DI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian. berjumlah 1966 siswa dari 8 sekolah yang ditentukan dengan teknik cluster dan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa sembilan perangkat tes yang mengukur kemampuan listening, grammar, reading pada mata pelajaran bahasa Inggris untuk peserta tes kelas X, XI, dan XII. Pengujian validitas isi instrumen menggunakan rumus Aiken, sedangkan reliabilitas diestimasi menggunakan Cronbach’s Alpha. Data dianalisis menggunakan Teori Respons Butir model 2 parameter, sedangkan perkembangan kemampuan siswa diketahui dengan melakukan penyetaraan vertikal dengan metode Mean & Mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan tes yang digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan listening, grammar, dan reading terdiri atas 12, 18, dan 20 butir dengan jumlah butir anchor sebanyak 4, 5, dan 6 butir. Tes bahasa Inggris kelas X, XI, dan XII memiliki rerata tingkat kesulitan butir pada kategori sedang dan indeks daya pembeda butir pada kategori baik setelah dilakukan analisis validitas san estimasi reliabilitas. Berdasarkan data yang dikumpulkan menggunakan tes yang dikembangkan, kemudian disusun persamaan konversi penyetaraan vertikal dengan metode Mean & Mean. Kemampuan listening kelas X dan XI dapat dikonversi ke kelas XII dengan persamaan

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: penyetaraan vertikal, Teori Respons Butir, kemampuan bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:22
Last Modified: 06 Oct 2022 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74568

Actions (login required)

View Item View Item