Mengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan

Ali, Mahmudi (2009) Mengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Kontribusi Aljabar dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pembelajaran Matematika untuk Mencapai World Class University. ISSN 978-979-16353-2-5

[img]
Preview
Text
m-16.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif menjadi penentu keberhasilan individu dalam menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Berbeda dengan pandangan klasik yang memposisikan kemampuan berpikir kreatif sebagai kemampuan khusus yang hanya dimiliki oleh individu luar biasa dan tidak dapat dikembangkan, pandangan terkini menempatkan kemampuan ini sebagai kemampuan yang dapat dimiliki oleh setiap individu dan dapat dikembangkan melalui aktivitas pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika. Bahkan, saat ini, pengembangan kemampuan berpikir kreatif telah menjadi kecenderungan pembelajaran matematika. Salah satu topik dalam matematika yang berpotensi sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah topik pecahan. Potensi demikian dimiliki topik ini karena terdapat beragam representasi untuk menyajikan topik ini. Beragam representasi ini dapat menstimulasi kemampuan berpikir fleksibel siswa dalam mengkomunikasikan ide‐ide matematika terkait pecahan. Sedangkan kemampuan berpikir fleksibel merupakan salah satu aspek berpikir kreatif. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pecahan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pecahan
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Aljabar Pengajaran dan Terapan 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Nov 2012 00:38
Last Modified: 13 Nov 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7432

Actions (login required)

View Item View Item