Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer

Bambang Priyo, Darminto (2009) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Kontribusi Aljabar dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pembelajaran Matematika untuk Mencapai World Class University. ISSN 978-979-16353-2-5

[img]
Preview
Text
m-10.pdf

Download (262kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Pemahaman konsep aljabar merupakan salah satu kecakapan dalam bidang aljabar yang diharapkan tercapai dalam pembelajaran matematika melalui pengkaitan antarkonsep, aplikasi konsep/algoritma secara akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Pemahaman konsep ini tidak selalu dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis komputer. Sikap merupakan suatu perbuatan yang berdasarkan pendirian atau keyakinan terhadap stimulus yang diterima. Secara umum, sikap mahasiswa UMP terhadap model pembelajaran matematika berbasis komputer adalah positif. Mahasiswa dalam kelas model‐1 dan model‐2 secara umum mempunyai sikap yang sama (yaitu positif) terhadap model pembelajaran berbasis komputer. Ditinjau dari kemampuan awal mahasiswa (rendah dan tinggi) terdapat perbedaan yang signifikan mengenai sikap mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis komputer baik dalam kelas model‐1 dan model‐2. Ketiga variabel yakni pemahaman konsep, sikap dan kemampuan mahasiswa saling berpengaruh. Peran kemampuan mahasiswa sangat penting dalam menjelaskan hubungan antara pemahaman konsep dan sikap mahasiswa. Kata kunci: Sikap, Pembelajaran Berbasis Komputer, Pemahaman Konsep, Kemampuan Awal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap, Pembelajaran Berbasis Komputer, Pemahaman Konsep, Kemampuan Awal
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Aljabar Pengajaran dan Terapan 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Nov 2012 00:38
Last Modified: 13 Nov 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item