Ariyadi, Wijaya (2009) Permainan (Tradisional) untuk Mengembangkan Interaksi Sosial, Norma Sosial dan Norma Sosiomatematik pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Kontribusi Aljabar dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pembelajaran Matematika untuk Mencapai World Class University. ISSN 978-979-16353-2-5
|
Text
m-9.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan matematika realistik dikembangkan berdasarkan filosofi matematika sebagai suatu bentuk aktivitas manusia (human activity). Sebagai suatu aktivitas manusia, proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang bersifat sosial dan menuntut adanya interaksi di antara pelaku pembelajaran. Interaksi sosial antar pebelajar berjalan secara simultan dengan proses mandiri tiap pebelajar dalam membentuk dan mengembangkan aspek kognitif para pebelajar. Dalam pembelajaran matematika, pengetahuan informal matematika dikembangkan menjadi konsep formal matematika melalui interaksi sosial yang didukung oleh norma sosial dan sosiomatematik. Komunikasi merupakan salah satu karakteristik alami dari permainan (tradisional) sehingga permainan (tradisional) dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan interaksi sosial, norma sosial dan norma sosiomatematik dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: permainan (tradisional), interaksi sosial, norma sosial, norma sosiomatematik, pendidikan matematika realistik
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan (tradisional), interaksi sosial, norma sosial, norma sosiomatematik, pendidikan matematika realistik |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Aljabar Pengajaran dan Terapan 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 00:38 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 00:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |