Efektivitas Pembelajaran Aljabar Dengan Pendekatan Metakognisi

Akhsanul, In’am (2009) Efektivitas Pembelajaran Aljabar Dengan Pendekatan Metakognisi. Kontribusi Aljabar dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pembelajaran Matematika untuk Mencapai World Class University. ISSN 978-979-16353-2-5

[img]
Preview
Text
m-1.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Pembelajaran aljabar menekankan variabel yang dihasilkan melalui proses generalisasi dengan membuat kalimat matematika dari berbagai keadaan . Perubahan yang dilaksanakan dari proses ke obyek tidak cukup melalui pembelajaran, perubahan perspektif yang tidak dikatakan menjadikan siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan aljabar. Tidak semua kesulitan siswa dalam proses peralihan dari aritmetika ke aljabar adalah berdasarkan jenis pembelajaran. hal ini disebabkan kesalahan yang seringkali berulang yang dikarenakan pemahaman yang kurang menyeluruh. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan guru berkualitas yang dapat melakukan pembelajaran yang berkualitas, implikasinya akan diperoleh siswa yang berkualitas. Manakala untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas, banyak strategi dan pendekatan yang boleh digunakannya. Salah satu yang dapat diimplementasikan adalah pendekatan metakognisi yang bermakna penggunaan kemahiran dan strategi yang sesuai mengikut keperluan tugas pembelajaran. Metakognisi mengacu pada berfikir tataran tinggi yang melibatkan pengendalian aktif atas proses kognitif yang dilakukan dalam kegiatan belajar dalam pembelajaran yang sedang dijalankan. Pendekatan metakognisi dalam implementasinya terdiri dari beberapa hal, yaitu identifikasi apa yang diketahui dan apa yang tidak diketahui, pembicaraan tentang berfikir, membuat jurnal dan perencanaan, tanya jawab tentang proses berpikir serta evaluasi diri. Dengan menerapkan unsur‐unsur tersebut pembelajaran aljabar menjadi lebih efektif dan bermuara kepada kualitas hasil menjadi lebih baik. Kata kunci: pembelajaran berkualitas, metakognisi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berkualitas, metakognisi
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Aljabar Pengajaran dan Terapan 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 12 Nov 2012 02:31
Last Modified: 12 Nov 2012 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item