Pengembangan Model E-STEM PjBL Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi TIK Dan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTsN.

Muzana, Syarifah Rahmiza and Jumadi, Jumadi (2022) Pengembangan Model E-STEM PjBL Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi TIK Dan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTsN. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-syarifah rahmiza muzana-17703261018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model E-STEM PjBL yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA peserta didik kelas VIII SMP; (2) mendeskripsikan karakteristik model E-STEM PjBL yang telah dinyatakan layak tersebut untuk pembelajaran IPA peserta didik kelas VIII; (3) mengetahui keefektifan model E-STEM PjBL yang telah dihasilkan untuk meningkatkan kemampuan literasi TIK dan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP; (4) mengetahui kepraktisan penerapan model E-STEM PjBL yang telah dihasilkan tersebut dalam pembelajaran IPA siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di dua MTsN Aceh Besar terhadap 110 peserta didik kelas VIII pada materi pembelajaran cahaya dan optika. Desain ujicoba terbatas dan ujicoba luas dilakukan dengan randomized pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket, tes, wawancara dan observasi yang sebelumnya telah divalidasi dan dinyatakan valid. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis kelayakan, karakteristik, dan kepraktisan produk. Analisis inferensial digunakan untuk menganalisis keefektifan produk dilakukan dengan statistik non parametrik Uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) model E-STEM PjBL dalam pembelajaran IPA dan perangkat pendukungnya layak digunakan berdasarkan dari penilaian para ahli dan praktisi serta hasil uji empirik dengan kategori baik; (2) model E-STEM PjBL dalam pembelajaran IPA mempunyai karakteristik model dengan sintaks pembelajaran yaitu (a) memberikan pertanyaan tentang fisika dalam kehidupan sehari-hari, (b) menyusun perencanaan proyek, (c) melakukan pembelajaran mandiri, (d) mendesain dengan berkolaborasi dalam menghubungkan antardisiplin ilmu (sains, teknologi, enggineering, dan matematika), (e) menguji hasil, dan (f) melakukan penilaian; (3) model E-STEM PjBL dalam pembelajaran IPA efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai N-gain sebesar 74,38 untuk kelas eksperimen, dan literasi TIK meningkat untuk semua aspek yaitu aspek akses (68,90%), aspek mengelola (73,1%), aspek mengintegrasikan (72,2%), aspek evaluasi (86,6%), aspek mendesai (90,7%); (4) penerapan model E-STEM PjBL dalam pembelajaran IPA terhadap komponen sintaks pembelajaran, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung berkategori baik dengan skor rata-rata sebesar 88,25 dari skor maksimum 100.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: E-STEM PjBL dalam pembelajaran IPA, pemecahan masalah, literasi TIK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:51
Last Modified: 05 Sep 2022 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74160

Actions (login required)

View Item View Item