Modal Sosial dalam Perbaikan Mutu Sekolah di Sekolah Menengah Atas Islam Teladan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Hanif, Muh and Suyata, Suyata (2022) Modal Sosial dalam Perbaikan Mutu Sekolah di Sekolah Menengah Atas Islam Teladan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-muh-hanif-13703261015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan konsep mutu sekolah yang diterapkan di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, (2) menemukan modal sosial dalam perbaikan mutu di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, dan (3) menemukan pemanfaatan modal sosial dalam perbaikan mutu di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus eksplanatori. Objek penelitian adalah mutu sekolah dan modal sosial dengan melibatkan delapan pimpinan dan guru SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, tiga orang dari Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, dan empat orang dari Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik diskusi, triangulasi, dan member check, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep mutu sekolah yang diterapkan di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto terlihat pada konsep mutu proses dan konsep mutu hasil; (2) modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto ditemukan dalam bentuk potensi modal sosial kepercayaan, komunikasi, jaringan, nilai-nilai, dan norma; (3) modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dimanfaatkan untuk pendaftaran siswa baru, peningkatan mutu pembelajaran, perbaikan mutu sumber daya manusia, pengembangan prestasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler siswa. Dari fitur-fitur modal sosial, modal sosial jaringan memiliki nilai penting bagi warga sekolah atau individu di sekolah karena diikat kuat dalam organisasi Islam Al Irsyad Al Islamiyyah. Dengan ini, muncul modal sosial lain sebagai formula baru, yaitu modal sosial agama, yang menjadi komponen utama di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sebagai penggerak dalam perbaikan mutu sekolah, baik mutu proses maupun mutu hasil.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Al Irsyad Al Islamiyyah, Mutu Sekolah, Modal Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:22
Last Modified: 11 Aug 2022 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73847

Actions (login required)

View Item View Item