Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak SMP Belajar Penjasorkes Secara Daring di Dukuh Sidowayah, Gunung Gajah, Bayat, Klaten

Setiawan, Andi (2022) Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak SMP Belajar Penjasorkes Secara Daring di Dukuh Sidowayah, Gunung Gajah, Bayat, Klaten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_andi setiawan_18601244068.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar penjasorkes secara daring di Dukuh Sidowayah, Gunung Gajah, Bayat, Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan Di Dukuh Sidowayah dengan subjek penelitian adalah peneliti dan sebagai obyek penelitian adalah orang tua peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif menggunakan model analisis interaktif Miles & Hueberman. Data hasil dan keabsahannya melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan : (1) Keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar daring di rumah yaitu sangat beragam dalam mengawasi dan menolong kesulitan yang dihadapi anak dalam belajar dengan memberi dorongan semangat dan mengawasi dalam mengerjakan tugas secara daring; (2) Keterlibatan orang tua selama anak belajar di rumah memiliki kekurangan serta memiliki kelebihan. Menjadi sangat berpengaruh terhadap keterlibatan orang tua dalam mendampingi. Menurut para orang tua pembelajaran yang dilakukan di rumah kurang efektif karena anak tidak paham tentang materi karena hanya diberi tugas tanpa ada penjelasan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. Farida Mulyaningsih, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan orang tua, Pembelajaran daring, Pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:42
Last Modified: 18 Jul 2022 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73647

Actions (login required)

View Item View Item