Metode Menghafal Al-Qur’an bagi Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kebumen dan Pondok Pesantren An-Nur Bantul).

Azis, Donny Khoirul and Wahab, Rochmat (2022) Metode Menghafal Al-Qur’an bagi Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kebumen dan Pondok Pesantren An-Nur Bantul). S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-donny khoirul azis-13703261023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) metode menghafal Al-Qur’an yang khas bagi anak usia sekolah dasar di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kebumen dan Pondok Pesantren An-Nur Bantul; (2) pola bimbingan menghafal Al- Qur’an bagi anak usia sekolah dasar sesuai dengan perkembangannya di pondok pesantren; (3) faktor-faktor yang memengaruhi hafalan Al-Qur’an bagi anak usia sekolah dasar; (4) metode dan pola bimbingan menghafal Al-Qur’an yang ideal bagi anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus eksplanatori yang melibatkan sembilan subjek penelitian di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kebumen dan tiga belas subjek penelitian di Pondok Pesantren An-Nur Bantul. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi data, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kebumen adalah menyimak, wahdah, bi nadzri, tiqrar, deresan, dan tauladan, sedangkan metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren An-Nur Bantul adalah metode dikte, wahdah, bi nadzri, tiqrar, deresan, dan bimbingan; (2) pola bimbingan kedua pesantren meliputi pembagian majelis, peran ustaz dan orang tua, serta motivasi yang mempunyai kekhasan masing-masing dalam membimbing santri; (3) faktor pendukung santri menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kebumen meliputi semangat dan motivasi santri dan lingkungan kondusif, perhatian ustaz dan orang tua, dan doa pengasuh, ustaz, dan orang tua, serta adanya target hafal 30 juz pada saat lulus sekolah dasar, sedangkan di Pondok Pesantren An-Nur Bantul, faktor pendukungnya meliputi fokus dan keseriusan santri, lingkungan yang nyaman, kerja sama pihak pesantren dan orang tua, sedangkan faktor penghambat di kedua pesantren itu meliputi faktor dari dalam diri santri karena mereka belum mampu fokus dan kesulitan untuk mengontrol; (4) metode menghafal Al-Qur’an ideal bagi anak sekolah dasar adalah metode menyimak atau dikte yang dibantu dengan metode-metode lain, sedangkan pola bimbingan ideal bagi anak usia sekolah dasar dalam mengahafal Al-Qur’an adalah pembimbing memiliki penentu utama, dukungan dari orang tua, pembagian kelompok berdasarkan usia atau kelas, motivasi, dan penyediaan waktu yang tepat.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Sekolah Dasar, Metode Menghafal Al-Qur’an, Pola Bimbingan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:05
Last Modified: 10 Jun 2022 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73357

Actions (login required)

View Item View Item