Pengembangan Buku Teks Cetak IPS SD Berbasis Permainan Tradisional Berpendekatan Problem-Based Learning Untuk Peningkatan Berpikir Kritis.

Kawuryan, Sekar Purbarini and Sayuti, Suminto A (2022) Pengembangan Buku Teks Cetak IPS SD Berbasis Permainan Tradisional Berpendekatan Problem-Based Learning Untuk Peningkatan Berpikir Kritis. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sekar purbarini kawuryan-18703261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku teks cetak IPS SD berbasis permainan tradisional berpendekatan problem-based learning yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (2) menguji kualitas buku teks cetak yang dihasilkan tersebut, dan (3) mengungkapkan efektivitas buku teks cetak yang dihasilkan tersebut meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian melalui tahap-tahap pengembangan, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Uji kelayakan produk dilakukan oleh empat validator dengan bidang keahlian jurnalistik, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pembelajaran Bahasa, Pendidikan IPS, dan satu praktisi guru SD berprestasi nasional. Uji coba one to one dilakukan pada enam siswa SDN Ringinharjo Bantul, uji coba small group pada 18 siswa SDN Graulan Kulonprogo, dan uji coba lapangan pada 25 siswa SDN Suryodiningratan 1 Yogyakarta. Uji coba pada tahap develop untuk mengetahui kualitas isi buku teks, penilaian kegiatan instruksional oleh pengguna, dan penentuan potensi efektivitas buku dengan mengidentifikasi bagian-bagian yang perlu direvisi. Penyimpulan hasil kelayakan produk oleh ahli dan persepsi pengguna dianalisis secara deskriptif, baik kuantitatif maupun kualitatif. Penentuan efektivitas pembelajaran dilakukan dengan melihat pencapaian indikator keberhasilan PTK yaitu 75% dari 18 siswa mencapai skor keterampilan berpikir kritis dalam kategori tinggi. Penelitian telah menghasilkan buku teks cetak IPS SD berbasis permainan tradisional berpendekatan problem-based learning yang layak digunakan sebagai sumber belajar pendamping untuk mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis sudah diuji validitas isinya oleh tiga validator berdasarkan 15 kaidah soal pilihan ganda dan diujicobakan secara empiris pada 275 siswa SD se-DIY. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi (nilainya 81-100) pada siklus I ada 14 anak, siklus II ada 15 anak, dan siklus III ada 14 anak. Dalam hal dimensi proses kognitif, 90% siswa sudah mampu membangun hubungan yang sistematis dan koheren di antara potongan informasi yang disajikan di siklus I dan II. Sebanyak 90% siswa sudah mampu menguji kebenaran informasi pendukung di siklus II. Sebanyak 97% siswa sudah mampu menilai solusi yang ditawarkan orang lain di siklus II. Sebanyak 93% siswa yang sudah mampu menghasilkan berbagai solusi permasalahan di siklus III.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: buku teks, berpikir kritis, IPS, permainan tradisional, problem- based learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:48
Last Modified: 10 Jun 2022 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73352

Actions (login required)

View Item View Item