Pengembangan Model Mobile Laboratory Based Learning (MLBL) Berbantu Modul Terintegrasi Augmented Reality (AR) untuk Meningkatan Motivasi, Keterampilan Proses Sains, dan Kreativitas pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1.

Aththibby, Arif Rahman and Mundilarto, Mundilarto (2022) Pengembangan Model Mobile Laboratory Based Learning (MLBL) Berbantu Modul Terintegrasi Augmented Reality (AR) untuk Meningkatan Motivasi, Keterampilan Proses Sains, dan Kreativitas pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-arif rahman aththibby-17703261023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) prototype model mobile laboratory based learning (MLBL) berbantuan modul yang terintegrasi dengan Augmented Reality (AR) yang dikembangkan untuk meningkatkan motivasi, KPS, dan kreativitas mahasiswa, (2) model mobile laboratory based learning berbantuan modul yang terintegrasi dengan AR yang layak untuk meningkatkan motivasi, KPS, dan kreativitas mahasiswa, dan (3) menghasilkan model mobile laboratory based learning berbantuan modul yang terintegrasi dengan AR yang efektif dalam meningkatkan motivasi, KPS, dan kreativitas mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan langkah ADDIE. Subyek uji coba meliputi mahasiswa pendidikan fisika semester I yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar. Data keefektifan model diperoleh melalui angket motivasi belajar serta lembar observasi KPS dan kreativitas mahasiswa. Analisis dari penilaian validasi instrumen menggunakan Aiken‘s V. Terkait pengujian efektivitas penggunaan model dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Model MLBL berbantuan modul yang terintegrasi dengan AR memiliki karakteristik sintaks terdiri atas: orientasi, konseptualisasi, investigasi, menyimpulkan, dan diskusi dengan sistem pendukung berupa perangkat pembelajaran dan modul yang yang terintegrasi AR, dan (2) model MLBL berbantuan modul yang terintegrasi dengan AR layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, (3) model MLBL berbantuan modul yang terintegrasi dengan AR efektif meningkatkan motivasi, KPS, dan kreativitas mahasiswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: mobile laboratory based learning, motivasi, keterampilan proses sains, kreativitas.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:26
Last Modified: 10 Jun 2022 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73347

Actions (login required)

View Item View Item