Model Pembelajaran Blended Partisipatif untuk Meningkatkan Kemitraan Sekolah dan Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta.

Hardianto, Deni and Budiningsih, Asri (2021) Model Pembelajaran Blended Partisipatif untuk Meningkatkan Kemitraan Sekolah dan Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-deni hardianto-17703269008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran blended partisipatif yang layak, (2) menemukan tingkat kepraktisan model, dan (3) menemukan tingkat keefektifan model pembelajaran blended partisipatif untuk meningkatkan kemitraan sekolah dan orangtua siswa SD di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang disederhanakan menjadi 3 tahapan utama yaitu; (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk model pembelajaran blended partisipatif meliputi: (a) pengembangan prototype model, (b) uji ahli diikuti revisi, (c) uji satu-satu diikuti revisi, (d) uji terbatas diikuti revisi, (3) Implementasi dan evaluasi dengan uji lapangan luas dan kuasi eksperimen pretest-posttest group design dilanjutkan revisi dan finalisasi. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan; (1) Model pembelajaran blended partisipatif telah memenuhi tingkat kelayakan dengan skor penilaian rerata 3.50 (layak). Skor penilaian perangkat pembelajaran oleh ahli materi memperoleh rerata 3.79 (layak) dan skor penilaian ahli media rerata 3.81 (layak). (2) Model pembelajaran blended partisipatif telah memenuhi tingkat kepraktisan yang dibuktikan dengan tingkat kesepahaman antar penilai sebesar 90,56% dan rerata penilaian uji coba lapangan terbatas memperoleh skor 0,93 masuk dalam kriteria praktis (

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran blended, partisipatif, kemitraan, sekolah dasar, orangtua siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:56
Last Modified: 10 Jun 2022 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73340

Actions (login required)

View Item View Item