Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bonorowo Kabupaten Kebumen

Rhahmat, Bukhori Nur (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bonorowo Kabupaten Kebumen. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bukhori nur rhahmat_17604221035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada masa pandemi corona virus disease-19 di SD Negeri se-Kecamatan Bonorowo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot case study menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Sampel dalam Peneiltian ini yaitu seluruh siswa kelas atas dari 6 SD Negeri se-Kecamatan Bonorowo, Kebumen berjumlah 335 siswa, instrumen dalam penelitian ini berupa kuisioner online menggunakan google form yang berisi 16 pertanyaan yang telah divalidasi oleh bapak Prof. Soni Nopembri, S.Pd., M.Pd., Ph.D, selaku dosen pembimbing, Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data persentase. Hasil penelitian di SD Negeri Se-Kecamatan Bonorowo secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik yaitu dengan persentase 16%, kategori cukup baik yaitu dengan persentase 84%, kategori kurang baik yaitu dengan persentase 0%, kategori tidak baik yaitu dengan persentase 0%.Dapat diketahui bahwa tahap pelaksanaan pembelajaran PJOK berdasarkan pada aspek kegiatan pendahuluan yang termasuk kategori baik dengan persentase 24%, kategori cukup baik dengan persentase 76%, kategori kurang baik dengan persentase 0%, kategori tidak baik dengan persentase 0%. Sedangkan dalam kegiatan inti pembelajaran menunjukkan bahwa yang berkategori baik dengan persentase 15%, kategori cukup baik dengan persentase 85%, kategori kurang baik dilakukan dengan persentase 0%, kategori tidak baik dengan persentase 0%, Pada kegiatan penutup juga terlihat yang berkategori baik dengan persentase 15%, kategori cukup baik dengan persentase 85%, kategori kurang baik dengan persentase 0%, kategori tidak baik dengan persentase 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PJOK, pembelajaran di masa pandemi Corona Virus Disease-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Jun 2022 08:54
Last Modified: 09 Jun 2022 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73332

Actions (login required)

View Item View Item