Pengembangan Model Pembelajaran Seni Gamelan Cilik untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter siswa Taman Kanak-kanak.

Pamungkas, Joko and Sayuti, Suminto A (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Seni Gamelan Cilik untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter siswa Taman Kanak-kanak. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-joko pamungkas-17703269003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk: (1) mengetahui prototype model pembelajaran seni gamelan cilik untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter pada anak TK., (2) mengetahui kelayakan dan kepraktisan model pembelajaran seni gamelan cilik untuk penumbuhan nilai-nilai karakter pada anak TK, (3) mengetahui keefektifan model pembelajaran seni gamelan cilik untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter pada anak TK, (4) mengetahui proses penumbuhan nilai-nilai karakter pada anak TK selama bermain seni gamelan cilik. Penelitian ini adalah adalah Research and Development didasari oleh pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian merupakan anak TK kelompok B, pimpinan TK, dan pendidik TK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian berwujud data kuantitatif serta kualitatif. Data need assessment dikumpulkan melalui interview, daftar dokumen, serta angket. Data kelayakan model pembelajaran dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan lembar panduan wawancara. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui data efektivitas model pembelajaran. Data kelayakan serta kepraktisan model pembelajaran dianalisis menggunakan inter-rater validity dan reliability, analisis kategorik berdasarkan distribusi frekuensi data ordinal, dan uji efektivitas dengan uji-t satu sample. Penelitian ini mewujudkan. Model pembelajaran seni GACIL memiliki sintak berupa : (1) pijakan awal meliputi penjelasan aturan main GACIL, (2) Apresiasi meliputi, pengenalan nama instrumen GACIL, (3) Praktik meliputi anak bebas nuthuk GACIL, pengenalan simbol angka/notasi, tulisan notasi yang menarik, latihan kekompakan tempo, dan pendampingan oleh guru, (4) Penutup. Validitas rater dari para ahli gamelan dan pembelajaran anak terpenuhi sesuai kriteria 0,9 pada Tabel Validity Coefficient dengan tingkat kesalahan 5%. Demikin juga reliability antar rater dengan metode test-retest memperoleh skor keajegan yang sesuai dengan kriteria pada Tabel Reliability dengan tingkat kesalahan 5%. Efektivitas gamelan cilik dalam menyetimulasi karakter anak usia dini bersifat significant. Hal ini didasarkan pada uji-t satu sample bahwa diterimanya hipotesis alternatif dan ditolaknya hipotesis null, ialah capaian karakter anak selama dan setelah bermain gamelan melampaui nilai karakter yang dicapai oleh mayoritas guru PAUD yang terlibat dalam penelitian ini sebesar 83. Nilai-nilai yang terstimulasi ketika bermain gamelan cilik adalah harmoni, gotong royong, toleransi, sikap, cinta Tuhan, tanggung jawab, jujur, santun, suka menolong, percaya diri, kepemimpinan, dan baik hati.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: gamelan cilik, nilai karakter anak, pembelajaran seni
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:50
Last Modified: 09 Jun 2022 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73328

Actions (login required)

View Item View Item