Pengembangan Instrumen Penilaian Logical Reasoning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris SMA: Berfokus Pada Reading Section,

Sanam, Anna Isabela and Widyantoro, Agus (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Logical Reasoning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris SMA: Berfokus Pada Reading Section,. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-anna isabela sanam-19701251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menginvestigasi konstruksi instrumen penilaian logical reasoning pembelajaran bahasa Inggris SMA dengan fokus pada reading section yang dikembangkan, (2) menganalisis kualitas instrumen penilaian logical reasoning pembelajaran bahasa Inggris SMA dengan fokus pada reading section yang dikembangkan, (3) menganalisis kemampuan logical reasoning siswa berdasarkan instrumen penilaian logical reasoning pembelajaran bahasa Inggris SMA dengan fokus pada reading section yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri atas delapan prosedur pengembangan instrumen penilaian. Sumber data adalah siswa kelas X SMA di kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel sekolah dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling sehingga terdapat 4 sekolah yang menjadi lokasi penelitian dengan sebanyak 878 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data terdiri atas analisis validitas isi menggunakan formula indeks Aiken, analisis validitas konstruk dengan analisis faktor (EFA), reliabilitas dengan rumus koefisien Alpha, analisis karakteristik butir dengan pemodelan Rasch dan pengukuran kemampuan logical reasoning siswa dengan rumus kategorisasi yang ditetapkan oleh Mardapi. Hasil penelitian yaitu konstruksi instrumen penilaian dikembangkan dengan mengacu pada kisi-kisi UN SMA/MA TA 2019/2020 kompetensi kelulusan bahasa Inggris level kognitif penalaran (L3) dan di modifikasi dengan level kognitif penalaran logis (logical reasoning) berdasarkan kajian dari berbagai perspektif dimana terdiri atas dua aspek yaitu deductive reasoning dan inductive reasoning. Instrumen penilaian yang dikembangkan terbukti valid dari segi isi dengan rata-rata Aiken sebesar 0,92 namun dari segi konstruk terdapat 4 butir soal tereliminasi sedangkan estimasi reliabilitas sebesar 0, 725 menunjukan bahwa instrumen penilaian dikategorikan baik. Instrumen penilaian yang dinyatakan sebagai butir-butir soal baik adalah sebanyak 32 butir. Analisis karakteristik butir terhadap ke-32 butir menunjukan bahwa kecocokan butir melalui nilai INFIT MNSQ pada peta metrik yang berada pada interval 0,77-1,30 sehingga dikategorikan “sangat baik sekali” yang juga bermakna instrumen penilaian fit dengan pemodelan Rasch, kedua parameter tingkat kesukaran butir telah memenuhi kriteria baik dengan berada pada rentang tingkat kesukaran antara -2 dan 2 pada skala logit, dan ketiga adalah fungsi informasi dan kesalahan pengukuran instrumen yang dikembangkan efektif mengukur kemampuan siswa pada rentang θ = -3 sampai 3. Hasil analisis kemampuan secara keseluruhan dan parsial yang berada pada kategori kemampuan “sedang” dengan persentase kemampuan logical reasoning sebesar 40%, parsial pada aspek deductive reasoning sebesar 41% dan parsial pada aspek inductive reasoning sebesar 34%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris SMA, logical reasoning, reading section
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:14
Last Modified: 08 Jun 2022 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73269

Actions (login required)

View Item View Item