Persepsi Latihan Bola Banyak Pada Kemampuan Pukulan Forehand dan Backhand Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja di SMP Negeri 277 Jakarta

Maulana, Fadli Rifky (2022) Persepsi Latihan Bola Banyak Pada Kemampuan Pukulan Forehand dan Backhand Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja di SMP Negeri 277 Jakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fadli rifky maulana_18601244051.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa mengetahui mengenai persepsi latihan bola banyak pada kemampuan pukulan forehand dan backhand peserta ekstrakurikuler tenis meja di SMP Negeri 277 Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena masalah yang diajukan dalam penelitian ini menekankan pada proses dan makna persepsi. Penelitian ini melibatkan tiga narasumber yaitu: siswa, guru PJOK, dan pelatih ektrakurikuler. Pengumpulan data untuk mendapatkan informasi, peneliti melakukan wawancara pada tiga intrumen yang sudah disebutkan diatas. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diketahui persepsi siswa tentang metode latihan bola banyak pada kemampuan pukulan forehand dan backhand sangat bervariasi, diantaranya terdapat siswa yang sudah memahami latihan bola banyak dalam mengembangkan pukulan forehand dan backhand namun belum pernah melakukan praktik secara langsung latihan bola banyak tersebut dan beberapa terdapat siswa yang berlatih diluar ekstrakurikuler tenis meja yaitu di club dan sarana prasarana di sekolah yang belum menunjang untuk dilaksanakannya latihan bola banyak, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa persepsi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja pada SMPN 277 Jakarta setuju dalam memaknai metode latihan bola banyak dapat mengembangkan pukulan forehand dan backhand pada permainan tenis meja. Oleh karena itu, setelah adanya penelitian ini peneliti mengharapkan agar latihan bola banyak bisa segera diterapkan di ektrakurikuler tenis meja SMP Negeri 277 Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. R. Sunardianta, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pukulan forehand dan backhand, latihan bola banyak, tenis meja
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:35
Last Modified: 02 Jun 2022 08:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73234

Actions (login required)

View Item View Item