Implementasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Inklusi Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa.

Mubarak, Roykhan and Syamsi, Ibnu (2020) Implementasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Inklusi Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-roykhan mubarak-17729251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran dari implementasian program pendidikan karakter, (2) mengetahui karakter apa yang dominan dalam diri siswa, (3) mengetahui hambatan dan solusi yang ditemukan dalam program pendidikan karakter di Sekolah Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Subjek penelitian meliputi: (1) guru kelas, (2) guru pendamping khusus, dan (3) seluruh siswa berkebutuhan khusus dari kelas 1 – 6. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data Milles & Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Implementasi pendidikan karakter di sekolah Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta dikelompokkan menjadi dua, yaitu integrasi dalam mata pelajaran dan integrasi dalam pengembangan diri. Integrasi pendidikan karakter masih belum terlihat di beberapa mata pelajaran dikarenakan tidak adanya fokus karakter yang akan dijadikan dominan dalam pengembangan karakter di sekolah. Guru hanya menekankan pada mata pelajaran PKn, terdapat 88,8% dari 18 nilai karakter yang diterapkan guru pada mata pelajaran PKn sedangkan mata pelajaran lainnya terdapat 16,6% dari 18 nilai karakter dikarenakan guru masih berfokus pada materi tidak menekankan nilai karakternya. Integrasi pendidikan karakter dalam kegiatan pengembangan diri berupa kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan pengkondisian yang di dalamnya terdapat nilai-nilai karakter peduli lingkungan, rendah hati, kerja keras, tanggung jawab, hormat dan sopan santun, tolong menolong, kerjasama dan gotong royong serta toleransi dan cinta damai. (2) Karakter yang dominan di sekolah tersebut adalah religius dan toleransi dengan persenan 97,5% dari 41 siswa. (3) Kendala utama yang dapat teramati dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah adalah masalah kesinambungan. Masalah kesinambungan pendidikan karakter dalam sistem sekolah dan masalah kesinambungan pendidika karakter dengan pendidikan keluarga. Upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan cara mengimplementasikan pendidikan karakter yang terpadu dan mengoptimalisasikan pendidikan karakter melalui family-school partnerships.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, sekolah inklusi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:56
Last Modified: 09 Nov 2021 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71339

Actions (login required)

View Item View Item