Pengembangan Modul Pembelajaran Bina Diri Berdasarkan Pendekatan Perilaku pada Program Khusus Anak Disabilitas Intelektual Kategori Sedang.

Sulistyaningrum, Noorita Dwi and Mumpuniarti, Mumpuniarti (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Bina Diri Berdasarkan Pendekatan Perilaku pada Program Khusus Anak Disabilitas Intelektual Kategori Sedang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-noorita dwi sulistyaningrum-16729251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar bina diri yang layak dan efektif bagi peserta didik disabilitas intelektual kategori sedang melalui pengembangan modul bina diri berdasarkan pendekatan perilaku pada program khusus anak disabilitas intelektual kategori sedang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model Borg and Gall. Penelitian ini mencakup sembilan langkah pengembangan yaitu 1) mengumpulkan informasi dan studi kebutuhan, 2) perancangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan tahap awal, 5) revisi, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi, 8) uji coba lapangan operasional, 9) penyempurnaan produk. Uji coba modul dilakukan di SLB Ma’arif Bantul dan SLB PGRI Sentolo dengan uji coba lapangan tahap awal melibatkan satu subjek, uji coba lapangan lapangan utama melibatkan enam subjek dan uji coba lapangan operasional melibatkan lima belas subjek. Kelayakan modul divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Uji efektifitas dilakukan pada lima subjek dengan membandingkan skor pre-test dan skor post-test. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan tes kinerja. Desain kuasi eksperimen menggunakan one group pre-test post-test design. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) modul bina diri berdasarkan pendekatan perilaku pada program khusus anak disabilitas intelektual kategori sedang dinyatakan layak dari segi materi dan media. Materi pada modul bina diri ini berkaitan tentang kegiatan memakai dan melepas pakaian, sub materinya meliputi memakai dan melepas kaos, baju berkancing, rok, celana, kaos kaki, sepatu, memilih dan memakai aksesoris pakaian serta memilih dan memakai pakaian sesuai kebutuhan. Materi disajikan dalam bentuk gambar dan tetap dilengkapi dengan keterangan gambar. (2) modul bina diri ini efektif digunakan pada pembelajaran bina diri memakai dan melepas pakaian bagi anak disabilitas intelektual dan mengalami peningkatan kemampuan bina diri peserta didik sebesar 46,6%. Hal tersebut karena modul disusun berdasarkan kondisi peserta didik disabilitas intelektual kategori sedang sehingga penyajiannya dalam bentuk gambar akan mempermudah peserta didik dalam belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul bina diri, disabilitas intelektual, pendekatan perilaku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:42
Last Modified: 09 Nov 2021 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71337

Actions (login required)

View Item View Item