Pengembangan Bahan Ajar Materi Teknik Berjalan dengan Tongkat Berdasar Pendekatan Kontekstual untuk Pembelajaran Program Kekhususan Orientasi Mobilitas pada Peserta Didik Tunanetra.

Yudhiastuti, Anita and Azizah, Nur (2020) Pengembangan Bahan Ajar Materi Teknik Berjalan dengan Tongkat Berdasar Pendekatan Kontekstual untuk Pembelajaran Program Kekhususan Orientasi Mobilitas pada Peserta Didik Tunanetra. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-anita yudhiastuti-16729251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar materi teknik berjalan dengan tongkat yang layak, dan (2) menguji keefektifan bahan ajar materi teknik berjalan dengan tongkat berdasar pendekatan kontekstual untuk pembelajaran program kekhususan orientasi mobilitas peserta didik tunanetra. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah pengembangan Borg and Gall. Subjek ujicoba terdiri dari dua puluh dua peserta didik tunanetra dan lima guru dari SLB N 1 Kulon Progo, SLB PGRI Sentolo, SLB Wiyata Dharma dan SLB Yaketunis Yogyakarta. Uji coba tahap awal melibatkan satu peserta didik tunanetra dan satu guru. Uji coba lapangan utama melibatkan enam peserta didik tunanetra dan satu guru. Uji coba lapangan operasional melibatkan lima belas peserta didik tunanetra dan tiga guru. Uji keefektifan melibatkan lima peserta didik tunanetra dengan desain kuasi eksperimen one group pre-test post-test design. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian ahli materi dan media, angket respon peserta didik tunanetra dan guru, dan tes kemampuan tentang teknik berjalan dengan tongkat. Analisis data penilaian ahli dan angket respon menggunakan analisis deskriptif kuantitatif sedangkan analisis data uji keefektifan menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk yang dihasilkan yaitu bahan ajar materi teknik berjalan dengan tongkat berdasar pendekatan kontekstual bagi peserta didik tunanetra kelas IV, V dan VI yang mampu membaca. Produk ini terdiri dari bahan ajar cetak awas dengan huruf yang diperbesar dan bahan ajar cetak Braille. Bahan ajar dilengkapi dengan CD dan buku pedoman bagi guru. Bahan ajar dinyatakan layak dari segi materi dan media dengan rata-rata yaitu 4,35 dengan kategori sangat baik atau layak (2) bahan ajar materi teknik berjalan dengan tongkat berdasar pendekatan kontekstual dinyatakan efektif pada signifikansi 5%. Ini dibuktikan dengan peningkatan skor dengan rerata 26,6 dan peningkatan persentase dengan rerata mencapai 27,62%. Hal tersebut karena bahan ajar dapat mendorong peserta didik tunanetra untuk aktif mengalami, menemukan sendiri pengetahuannya dan materi yang disajikan sesuai dengan kondisi lingkungan sehingga peserta didik tunanetra lebih memahami materi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peserta didik tunanetra, bahan ajar, teknik berjalan dengan tongkat, orientasi mobilitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:24
Last Modified: 09 Nov 2021 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71335

Actions (login required)

View Item View Item