Analisis Muatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik Tunagrahita pada Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas IV SDLB.

Nurhidayati, Isti and Purwanta, Edi (2020) Analisis Muatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik Tunagrahita pada Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas IV SDLB. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-isti nurhidayati-16729251021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan muatan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada buku teks Kurikulum 2013 kelas IV SDLB dan kesesuaiannya dengan karakteristik tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan setting penelitian tidak dibatasi karena analisis pustaka yang tidak perlu melibatkan penelitian di lapangan. Subjek penelitian adalah buku teks Kurikulum 2013 pegangan siswa kelas IV SDLB tunagrahita yang terdiri dari tiga tema dan unit analisisnya adalah muatan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada buku teks. Pengumpulan data menggunakan analisis dan pencatatan yang lengkap pada subjek dan unit analisis penelitian. Instrumen penelitian yaitu peneliti sebagai human instrument dibantu rubrik analisis. Keabsahan dokumen didasarkan pada validitas semantik dan reliabilitas stabilitas. Analisis data menggunakan skema analisis konten yang terdiri dari enam langkah yaitu unitizing, sampling, recording, reducting, inferring, dan narrating. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat 97 kata kerja operasional kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang meliputi: kemampuan mencipta sebanyak 75 kata kerja, kemampuan evaluasi sebanyak 13 kata kerja, dan kemampuan analisis sebanyak 9 kata kerja. (2) Berdasarkan pada karakteristik belajar tunagrahita, yang sesuai sebanyak 37 kata kerja operasional (38%) dan yang tidak sesuai sebanyak 60 kata kerja operasional (62%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku teks, kemampuan berpikir tingkat tinggi, tunagrahita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:18
Last Modified: 09 Nov 2021 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71334

Actions (login required)

View Item View Item