Pengembangan Media Audio Tactile Vocabulary untuk Pembelajaran Kosa kata Siswa Autis.

Minarsih, Ni Made Marlin and Wahab, Rochmat (2020) Pengembangan Media Audio Tactile Vocabulary untuk Pembelajaran Kosa kata Siswa Autis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ni made marlin minarsih-16729251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media Audio Tactile Vocabulary (ATV) yang layak untuk pembelajaran kosa kata siswa autis, dan (2)Mengetahui keefektifan media ATV dalam pembelajaran kosa kata siswa autis. Penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall. Subyek penelitian terdiri dari tiga puluh dua orang guru dan tiga puluh satu siswa autis di Kota Denpasar Bali, dengan rincian yaitu pada uji coba lapangan awal dua guru dan dua siswa, uji coba lapangan utama enam guru dan enam belas siswa, uji coba lapangan operasional dua puluh empat guru dan lima belas siswa. Penilaian kelayakan dilakukan oleh dua orang ahli materi, satu orang ahli media serta tiga puluh dua orang guru dengan mengkategorisasikan hasil penilaian. Uji keefektifan media dilakukan pada tiga puluh satu orang siswa dengan desain kuasi eksperimen one group pre-test post-test design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, kuisioner, dan penilaian kinerja dengan analisis data deskriptif rata-rata (mean) dan keefektifan menggunakan analisis uji t. Hasil penelitian (1) produk media ATV yang dihasilkan adalah produk perangkat keras untuk pembelajaran kosa kata siswa autis. Produk dilengkapi kartu kosa kata dan buku panduan penggunaan. Kartu kosa kata memuat kosa kata anggota tubuh dan benda di sekitar.. Media dinyatakan layak dari segi materi dan media dengan rata-rata penilaian kelayakan yaitu 3,76 dengan kategori baik atau layak. (2)Media ATV dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan kosa kata siswa dengan signifikansi 0,05. Hal tersebut karena kemampuan kosa kata pasif- reseptif siswa berdasarkan penilaian meningkat sebanyak 0.677 dan kemampuan kosa kata aktif-produktif meningkat sebanyak 0,451.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: autis, media pembelajaran, audio visual, taktil, kosa kata
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:12
Last Modified: 09 Nov 2021 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71333

Actions (login required)

View Item View Item