Implementasi Standar Nasional Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif pada Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta dan Kota Malang.

Nastiti, Anugrah Try and Wahab, Rochmat (2020) Implementasi Standar Nasional Pendidikan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif pada Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta dan Kota Malang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-anugrah try nastiti-17729251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sekolah inklusi adalah sekolah yang bukan hanya memberikan layanan untuk siswa normal namun juga siswa berkebutuhan khusus. Penyelenggaraan pendidikan inklusif idealnya dapat memenuhi kebutuhan dan mengembangkan kemampuan ABK, semua komponen pembelajaran bersumber dari kemampuan, kebutuhan serta kondisi anak, dan mengacu pada standar ideal pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan membandingkan implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif pada sekolah dasar (SD) di Kota Yogyakarta dan Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi komparasi. Sampel penelitian ini adalah dua SD di Kota Yogyakarta, yaitu SDN Pakel dan SD Muhammadiyah Sagan, serta dua SD di Kota Malang, yaitu SDN Kidul Dalem 1, dan SD Islamic Global School yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber informasi terdiri dari komite sekolah, kepala sekolah, guru kelas, guru pembimbing khusus, siswa (regular dan ABK), dan orang tua ABK di masing-masing sekolah sehingga jumlah responden di setiap kota sebanyak 287 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif prosentase. Standar yang digunakan adalah SNP yang indikatornya disesuaikan dengan kriteria penyelenggaraan pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara umum implementasi SNP dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD di Kota Yogyakarta masuk dalam kriteria cukup baik dengan capaian 65.7%, 2) implementasi SNP dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD di Kota Malang masuk dalam kriteriai baik dengan capaian 71.1%, dan 3) terdapat perbedaan yang signifikasn pada standar proses dengan 24.4% lebih tinggi Kota Malang daripada Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan inklusif, sekolah dasar inklusi, SNP inklusif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:42
Last Modified: 08 Nov 2021 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71328

Actions (login required)

View Item View Item