Efektivitas Strategi Building Background Knowledge terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Disabilitas Intelektual Ringan Kelas IX di SLB Negeri Pembina Yogyakarta.

Ajiningsih, Catur Rina and Haryanto, Haryanto (2020) Efektivitas Strategi Building Background Knowledge terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Disabilitas Intelektual Ringan Kelas IX di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-catur rina ajiningsih-17729251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan strategi building background knowledge terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa disabilitas intelektual ringan kelas IX di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian yaitu lima siswa disabilitas intelektual ringan kelas IX. Data diperoleh dengan menggunakan tes membaca pemahaman dan melalui observasi. Analisis data tes membaca pemahaman dilakukan dengan uji statistik non-parametris tes Wilcoxon match pairs dan analisis data observasi dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi building background knowledge yang di dalamnya terdapat tiga prosedur pokok berupa: 1) menentukan background knowledge yang esensial dan relevan dengan teks bacaan yang sederhana dan fungsional; 2) membangun background knowledge dengan menyajikan materi dan situasi riil (experiential learning) serta menerapkan tahap pembelajaran eksplisit; 3) melakukan aktivasi background knowledge dengan metode K-W-L efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa disabilitas intelektual ringan. Keefektivan tersebut dilihat dari hasil uji hipotesis yang berupa T hitung 0 = T tabel 0. Penguasaan kemampuan membaca pemahaman subjek ditunjukkan dengan subjek mampu menemukan informasi dan menjawab pertanyaan tentang detail-detail fakta (judul bacaan, bahan pembuat tempe, daya tahan tempe, tanda-tanda tempe baru dan sudah rusak), pokok pikiran utama (ide utama dalam baris keempat dari teks bacaan), urutan/rangkaian (urutan dari tiga langkah pertama dan tiga langkah terakhir dalam proses pembuatan tempe, prosedur penyimpanan tempe), serta perbandingan (komposisi bahan pembuat tempe) yang tersurat dalam teks bacaan. Pada penerapan strategi building background knowledge, setiap subjek memunculkan perbedaan perilaku dalam hal minat, sikap disiplin, sikap teliti, keaktivan dalam kegiatan diskusi, kesesuaian dalam merespon, serta partisipasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca pemahaman, siswa disabilitas intelektual ringan, strategi building background knowledge
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:26
Last Modified: 08 Nov 2021 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71325

Actions (login required)

View Item View Item