Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match dan Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah FPB/KPK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Gondokusuman.

Juliani, Ana and Syamsudin, Amir (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match dan Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah FPB/KPK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Gondokusuman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ana juliani-17712251066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan efektivitas: (1) Mengetahui efektivitas model pembelajaran Make A Match dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah FPB/KPK siswa kelas IV SD; dan (2) Mengetahui efektivitas model pembelajaran Jigsaw dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah FPB/KPK siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan pola nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Terbansari I Yogyakarta dan siswa kelas IV SDN Demangan Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman tes pilihan ganda pemahaman konsep, tes uraian pemecahan masalah dan lembar observasi proses pembelajaraan. Validitas dan reliabilitas instrument tes dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 22.0 for windows dengan rumus korelasi Product Moment untuk validitas dan Conbach’s Alpha untuk reliabilitas. Uji asumsi yang digunakan yaitu uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan derajat signifikansi 0,05. Semua pengujian menggunakan bantuan Software SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) model pembelajaran Make A Match lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah FPB/KPK siswa; dan (2) model pembelajaran Jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah FPB/KPK siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Make A Match, pemahaman konsep, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:08
Last Modified: 02 Nov 2021 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71296

Actions (login required)

View Item View Item