Pengembangan Media Komik Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Minat Baca dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SD pada Gugus VI Depok Sleman.

Febriyanti, Rani and Mustadi, Ali (2020) Pengembangan Media Komik Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Minat Baca dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SD pada Gugus VI Depok Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rani febriyanti-18712251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media komik berbasis edutainment yang layak untuk meningkatkan minat baca dan pemahaman konsep siswa kelas V SD, dan (2) mengetahui keefektifan media komik yang dihasilkan tersebut dalam meningkatkan minat baca dan pemahaman konsep siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah research and development yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji lapangan terbatas, (7) revisi produk, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk, dan (10) diseminasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, skala, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara guru dan siswa, angket studi penhaduluan guru dan siswa, angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa, angket minat baca, dan tes pemahaman konsep. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD pada Gugus VI Depok, Sleman. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media komik yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan menurut ahli materi, ahli media, dan angket respon guru dan siswa, dan masuk kategori sangat layak; (2) media komik tersebut efektif dalam meningkatkan minat baca dan pemahaman konsep siswa kelas V SD pada gugus VI Depok, Sleman. Hasil uji-t dan uji hipotesis MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media komik tersebut dapat meningkatkan minat baca dan pemahaman konsep siswa kelas V SD secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media komik, edutainment, pemahaman konsep, minat baca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:56
Last Modified: 02 Nov 2021 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71295

Actions (login required)

View Item View Item