Pengembangan Buku Cerita berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV SD.

Susanti, Resti and Wangid, Muhammad Nur (2020) Pengembangan Buku Cerita berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-resti susanti-16712251028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan prototype buku cerita berbantuan augmented reality yang layak untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan karakter rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SD, (2) memperoleh informasi mengenai keefektifan buku cerita berbantuan augmented reality dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan karakter rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model research and development yang mengacu pada model Borg & Gall (1983). Subjek uji coba lapangan awal melibatkan 9 siswa, subjek uji coba lapangan utama melibatkan 15 siswa, dan uji coba lapangan operasional melibatkan 90 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket studi pendahuluan, angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa, pedoman observasi karakter rasa ingin tahu, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Kelayakan buku cerita bergambar berbantuan Augmented reality dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam 4 katogori. Keefektifan buku cerita bergambar berbantuan Augmented reality untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan karakter rasa ingin tahu dianalisis dengan melakukan uji-t dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku cerita berbantuan augmented reality yang dikembangkan tersebut telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon guru dan respon siswa; (2) buku cerita berbantuan augmented reality ini dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan karakter rasa ingin tahu. Hasil uji t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa buku tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan karakter rasa ingin tahu siswa kelas IV SD secara signifikan dengan nilai p sebesar 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05 (p<0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, komunikasi matematis, buku cerita, karakter rasa ingin tahu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:53
Last Modified: 02 Nov 2021 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71290

Actions (login required)

View Item View Item