Keefektifan ISBM untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Program S-1 Pendidikan Biologi dalam Mengambil Keputusan.

Genisa, Marlina Ummas and Subali, Bambang (2021) Keefektifan ISBM untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Program S-1 Pendidikan Biologi dalam Mengambil Keputusan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-marlina ummas genisa-16703261042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan Inquiry Based Learning-Socio scientific Issues-Brainstorming Model (ISBM) beserta instrumen pengukuran hasil belajar yang layak digunakan dalam meningkatkan pengambilan keputusan oleh mahasiswa Program S-1 Pendidikan Biologi, 2) mengetahui keefektifan ISBM dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa Program S-1 Pendidikan Biologi dalam pengambilan keputusan melalui hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Design and Development Research (DDR) meliputi tahap identifikasi masalah dan tujuan, desain dan pengembangan produk, menguji dan mengevaluasi produk, serta mengkomunikasikan produk. Subjek penelitian terdiri 204 mahasiswa program S-1 Pendidikan Biologi semester I, III, dan V tahun akademik 2019/2020 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Kelayakan produk model ISBM dan instrumen pengukur hasil pembelajaran diuji dan dievaluasi melalui dua tahap tes. Tahap pertama, validitas oleh empat pakar terhadap model ISBM dan instrumen hasil pembelajaran yang dikembangkan, hasil kategori valid mengacu pada nilai koefisien V Aiken. Tahap kedua, uji model ISBM di lapangan diakhiri dengan perbandingan hasil kelas kontrol dan eksperimen. Uji coba instrumen yang dilakukan bersamaan uji model pembelajaran, hasilnya berupa Indek Sensitivitas (IS) untuk menyatakan bahwa item yang ada dapat dinyatakan valid jika perbedaan right after learning dan before learning signifikan. Pendekatan ini dilakukan karena tidak tersedia tes standar, serta tes berupa hasil belajar yang menggunakan acuan kriteria. Sedangkan, pemenuhan reliabilitas instrumen tes berupa hasil belajar dihitung menggunakan koefisien Kappa dan koefisien persetujuan mengacu pada Subkoviak (1988), realiabel jika nilai koefisien Kappa berkisar antara 0,60 dan 0,70 dan koefisien persetujuan ≥ 0,86. Tahap Uji model ISBM dilakukan menggunakan nonequivalent quasi experimental pretest-posttest. Data yang dihasilkan digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ISBM melalui uji T, sedangkan untuk mengetahui keefektifan model berdasarkan nilai N-Gain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) ISBM yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan pengambilan keputusan bagi mahasiswa Program S-1 Pendidikan Biologi dengan kategori valid dengan nilai V Aiken > 0,8. Sedangkan instrumen berupa item tes uraian pengambilan keputusan memiliki IS kategori tinggi (nilai rata-rata 0,79—0,84), dan keandalan yang baik (nilai r = 0,96—0,98, koefisien persetujuan = 0,86— 0,90, koefisien kappa = 0,69—0,7) sehingga valid dan reliabel secara empirik dalam mengukur hasil belajar, (2) Model Pembelajaran ISBM yang dikembangkan berpengaruh dan efektif meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengambilan keputusan dengan tingkat keefektifan sebesar 80—83,82%, jauh lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran inkuiri yang hanya memiliki rata-rata nilai N-Gain sebesar 4,54 —7,89%.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: ISBM, Mengambil keputusan, Pembelajaran biologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:17
Last Modified: 26 Oct 2021 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71175

Actions (login required)

View Item View Item