Pengembangan Model Permainan dengan Alat Tembak Sasaran dalam Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Gerak Manipulatif dan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar.

Setyawan, Feri budi and Suharjana, Suharjana (2021) Pengembangan Model Permainan dengan Alat Tembak Sasaran dalam Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Gerak Manipulatif dan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-feri budi setyawan-16703261038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan prototype model permainan tembak sasaran untuk meningkatkan gerak manipulatif dan nilai-nilai karakter siswa sekolah dasar, (2) menghasilkan model permainan dengan alat tembak sasaran dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang layak untuk peningkatan gerak manipulatif dan nilai-nilai karakter siswa sekolah dasar, dan (3) menghasilkan model permainan tembak sasaran yang efektif untuk peningkatan gerak manipulatif dan nilai-nilai karakter siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan research and development yang mengikuti prosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas atas, kepala sekolah, dan guru pendidikan jasmani di wilayah Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif.. Data analisis kebutuhan dan kelayakan model dikumpulkan dengan menggunakan angket dan melalui observasi. Data analisis secara dekriptif dan statistik inferensial. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Prototype model permainan tembak sasaran meliputi: (a) king ball, (b) roket terbang, (c) crazy wall, (d) bolten dan (e) bola misteri. (2) Prototype alat tembak sasaran berupa papan pantul yang multifungsi. (3) Model permainan dengan alat tembak sasaran layak digunakan menurut penilaian ahli/praktisi. (4) Model permainan dengan alat tembak sasaran efektif digunakan untuk peningkatan gerak manipulatif dan nilai-nilai karakter siswa sekolah dasar. Berdasarkan analisis skor n-gain, skor n-gain peningkatan gerak manipulatif ataupun nilai-nilai karakter antar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji multivariat pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa model permainan dengan alat tembak sasaran yang dihasilkan tersebut dapat meningkatkan gerak manipulatif dan nilai-nilai karakter siswa sekolah dasar secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: gerak manipulatif, model permainan, nilai-nilai karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:38
Last Modified: 26 Oct 2021 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71171

Actions (login required)

View Item View Item