Pengembangan Model Pembelajaran Brain writing Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Dayu, Dian Permatasari Kusuma and Sugirin, Sugirin (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Brain writing Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-dian permatasari kusuma dayu-15703261017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran Brain writing berbasis Project based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia, (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran Brain writing berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (3) mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran Brain writing berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp, dengan 5 langkah penelitian yaitu (1) tahap investigasi awal, (2) tahap design, (3) tahap realisasi, (4) tahap evaluasi dan (5) tahap implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 siswa yang berasal dari tiga sekolah yaitu SDN Negeri 1 Kalasan, SDN Tamanan 02, SDN Tamanan 03 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, dan tes keterampilan menulis. Teknik analisis data menggunakan analisis validitas, analisis keefektifan, analisis keterlaksanaan dan untuk penilaian validitas menggunakan kriteria kelayakan. Model dan perangkat pembelajaran dikatakan valid jika berkategori “layak”. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) diperoleh desain model pembelajaran Brain writing berbasis project based learning untuk dapat meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia, (2) diperoleh model pembelajaran yang layak dari hasil penilaian ahli dengan nilai kelayakan skor 3.77 berarti dinyatakan pada kategori layak, (3) diperoleh skor pengamatan akhir keterampilan menulis yaitu nilai t hitung (th) = -24.563 lebih kecil dari t tabel (tt) = 2.000 dan nilai signifikansi lebih besar dari 5% (p>0,05). Dengan demikian terdapat perbedaan keterampilan menulis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran Brain writing berbasis project based learning efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat saran yaitu penggunaan model pembelajaran Brain writing berbasis project based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan pada keterampilan menulis bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Brain writing berbasis project based learning, keterampilan menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:58
Last Modified: 21 Apr 2022 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71163

Actions (login required)

View Item View Item