Pengembangan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak.

Putri, Ayu Aprilia Pangestu and Suparno, Suparno (2020) Pengembangan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
fulltext_ayu aprilia pangestu putri_18717251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa hal, diantaranya; 1) kebutuhan yang diperlukan ; 2) desain yang cocok; dan 3) efektivitas dari pengembangan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) jenis ADDIE yang berdasarkan pada 5 tahapan pengembangan, diantaranya; 1) analisis (analyze); 2) perancangan (design); 3) pengembangan (develop); 4) implementasi (implementation); dan 5) evaluasi (evaluation).Terdapat 3 jenis uji coba lapangan setelah peneliti melakukan kegiatan pada tahapan analisis dan perancangan, yakni uji coba one-to-one; 2) uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok sesungguhnya yang dilakukan di beberapa Taman Kanak-kanak di kota Yogyakarta. Subjek dipilih menggunakan teknik random sampling dan pengumpulan data diperoleh melalui lembar validasi, angket penilaian kesesuaian oleh guru dan observasi kegiatan anak. Teknik analisis efektivitas data pengembangan produk menggunakan Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kebutuhan pengembangan meliputi pemanfaatan waktu kegiatan sebaik-baiknya, kecocokan kegiatan geometri (menyebut, mengidentifikasi, menggambar, memasangkan dan menandai), penyedian sarana dan prasarana yang sesuai untuk anak usia 4-5 tahun di TK; 2) desain model pembelajaran yang dikembangkan meliputi langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan waktu yang efisien, sistem sosial, sistem pendukung, prinsip reaksi, instruksi dan efek pembelajaran; dan 3) model problem based learning yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak 4-5 tahun berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan hasil perhitungan posttest 1- posttest 2- possttest 3 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Kata kunci: Model pembelajaran, problem based learning, kemampuan mengenal bentuk geometri

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model pembelajaran, problem based learning, kemampuan mengenal bentuk geometri
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 May 2021 08:14
Last Modified: 11 Mar 2022 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70668

Actions (login required)

View Item View Item