Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Bercerita melalui Media Boneka Tangan bagi Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Zuraidah, Siti and Syamsi, Kastam (2020) Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Bercerita melalui Media Boneka Tangan bagi Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-siti zuraidah-15712259004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan bercerita dalam pembelajaran bahasa dengan menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan collaborative classroom action research dengan desain model siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I Al Ibadi SD Muhammadiyah Sapen yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi serta menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian(1) Penggunaan media boneka tangan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan bercerita, dapat meningkatkan motivasi siswa kelas I Al Ibadi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta; (2) Penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas I Al Ibadi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan motivasi bercerita minimal yaitu predikat baik. Pada siklus I sebesar 43%, kemudian pada siklus II meningkat 80% dari total jumlah siswa. Rerata dan ketuntasan keterampilan bercerita belajar siswa meningkat pada siklus I sebesar 62meningkat menjadi 80pada siklus II. Ketuntasan siswa dalam pembelajaran, yaitu pada siklus I sebanyak 12 siswa (40%), meningkat pada siklus II menjadi 26 siswa(87%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: boneka tangan, keterampilan bercerita, motivasi bercerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2021 08:04
Last Modified: 01 Nov 2021 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70665

Actions (login required)

View Item View Item