Peningkatan Kemampuan Membaca dan Kemampuan Bercerita Menggunakan Media Lift The Flap Book Siswa Kelas I SD Negeri Puren Depok Sleman.

Triyanto, Yuli and Zubaidah, Enny (2020) Peningkatan Kemampuan Membaca dan Kemampuan Bercerita Menggunakan Media Lift The Flap Book Siswa Kelas I SD Negeri Puren Depok Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-yuli triyanto-18712254009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) proses pembelajaran kemampuan membaca dan bercerita (2) Hasil proses pembelajaran kemampuan membaca dan bercerita menggunakan media lift the flap book siswa kelas I SD Negeri Puren Depok Sleman. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Puren Depok Sleman yang berjumlah 28 terdiri 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan rubrik tes unjuk kerja. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lift the flap book dapat meningkatkan kemampuan membaca dan bercerita siswa. hal ini dapat diketahui meningkatnya pada proses pembelajaran pada setiap indicator pada kemampuan membaca dan bercerita. Peningkatan Penelitian Tindakan kelas hasil proses pembelajaran membaca mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata meningkat dari prasiklus nilainya 72, siklus 1 nilainya 76 dan siklus 2 nilainya 83. Siswa yang nilainya diatas rata-rata meningkat dari prasiklus sebanyak 46,4%, siklus 1 sebanyak 46,4% dan siklus 2 sebanyak 85%. Hasil proses pembelajaran kemampuan bercerita nilai rata-rata meningkat dari 69 di prasiklus menjadi 74 di siklus 1 dan 80 di siklus 2. Siswa yang nilainya diatas nilai rata meningkat dari sebanyak 50% di prasiklus menjadi 71,4 di siklus 1 dan 82,1% di siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan membaca dan bercerita siswa kelas I SD Negeri Puren Depok Sleman. Penggunaan media lift the flap book untuk meningkatkan kemampuan membaca dan bercerita kelas I SD Negeri Puren dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, kemampuan bercerita, media lift the flap book.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2021 07:57
Last Modified: 01 Nov 2021 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70663

Actions (login required)

View Item View Item