Pengembangan Media Kalender Cerita Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD.

Irvan, Moh. Farizqo and Mustadi, Ali (2020) Pengembangan Media Kalender Cerita Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-moh. farizqo irvan-18712251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media kalender cerita berbasis kearifan lokal yang layak untuk menigkatkan keterampilan menulis karangan narasi dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD, dan (2) mengungkapkan keefektifan media yang dihasilkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Brog & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba awal, 5) revisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk, 8) uji coba operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) desiminasi dan implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kota Semarang. Pengumpulan data pada studi awal dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji MANOVA dengan uji prasyarat uji normalitas multivariat dan uji homgenitas varian kovarian dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa media kalender cerita berbasis kearifan lokal yang memuat materi menulis karangan narasi dan nilai cinta tanah air. Media tersebut layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan kategori “sangat layak”. Independent sample t-test pada keterampilan menulis karangan narasi menghasilkan nilai signifikasi 0,000 (kelas kontrol-kelas eksperimen I) dan 0,000 (kelas kontrol-kelas eksperimen II), yang berarti terdapat perbedaan rata-rata keterampilan menulis karangan narsi siswa yang menggunakan media kalender cerita berbasis kearifan lokal. Independent sample t-test pada karakter cinta tanah air menghasilkan nilai signifikasi 0,025 (kelas kontrol-kelas eksperimen I) dan 0,044 (kelas kontrol-kelas eksperimen II), yang berarti terdapat perbedaan rata-rata karakter cinta tanah air siswa yang menggunakan media kalender cerita berbasis kearifan lokal. Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang dapat diartikan bahwa media kalender cerita berbasis kearifan lokal berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis karangan narasi dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kalender cerita, karakter cinta tanah air, kearifan lokal, menulis karangan narasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2021 07:37
Last Modified: 01 Nov 2021 04:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70662

Actions (login required)

View Item View Item