Pengembangan LKS Berbasis Visual Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tematik Integratif.

Halimatussadiah, Halimatussadiah and Syamsudin, Amir (2020) Pengembangan LKS Berbasis Visual Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tematik Integratif. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-halimatussadiah-17712251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKS berbasis Visual Thinking yang layak bagi siswa kelas V; (2) menghasilkan draf awal LKS berbasis Visual Thinking untuk kelas V; dan (3) mengetahui ketercapaian kinerja LKS berbasis Visual Thinking terhadap keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) versi Borg & Gall yang meliputi 10 langkah pengembangan produk. Kelayakan produk diuji oleh ahli materi dan ahli media. Subjek uji coba yaitu siswa kelas V yang berasal dari SDN 24 Mataram, 7 Ampenan dan 16 Mataram, Nusa Tenggara Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket dan tes tulis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara terstruktur kepada guru, angket studi pendahuluan kepada siswa, angket validasi untuk ahli materi dan media, angket respon guru dan siswa, serta pedoman observasi keterampilan proses dan tes kemampuan berpikir kritis untuk siswa. Uji kelayakan terhadap LKS berbasis Visual Thinking menilai LKS dari segi didaktik, konstruksi dan teknis dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari 4 kategori. Pengujian ketercapaian kinerja atau keefektifan LKS berbasis Visual Thinking untuk meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan time series dan uji Regresi (taraf signifikansi 0,05). Hasil penelitian ini adalah: (1) LKS berbasis Visual Thinking yang layak untuk meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran tematik integratif; (2) draf awal LKS berbasis Visual Thinking memenuhi syarat didaktik , kontruksi dan teknis; dan (3) LKS berbasis Visual Thinking dinyatakan sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses siswa kelas V dalam pembelajaran tematik integratif. Hasil uji time series menunjukkan bahwa LKS berbasis Visual Thinking dapat meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis siswa, dan hasil uji regresi menyimpulkan bahwa LKS berbasis Visual Thinking berdampak positif terhadap keterampilan proses dan berpikir kritis siswa kelas V secara signifikan dengan nilai F<0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS berbasis visual thinking, keterampilan proses, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2021 07:26
Last Modified: 01 Nov 2021 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70660

Actions (login required)

View Item View Item