Pengembangan Reflective Modul Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Ecoliteracy dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas V SD di Kecamatan Tegalrejo.

Permata, Santy Dinar and Mustadi, Ali (2020) Pengembangan Reflective Modul Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Ecoliteracy dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas V SD di Kecamatan Tegalrejo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-santy dinar permata-17712251062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan reflective modul berbasis child friendly school yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 2) mengetahui keefektifan reflective modul berbasis child friendly school untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy dan karakter rasa ingin tahu siswa kelas V SD di Kecamatan Tegalrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (RnD) yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Tegalrejo. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji hipotesis t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: 1) telah dihasilkan reflective modul berbasis child friendly school yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi, serta respon guru dan siswa dengan kategori layak; 2) produk reflective modul berbasis child friendly school yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy dan karakter rasa ingin tahu siswa. Kemampuan ecoliteracy dan karakter rasa ingin tahu meningkat secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: reflective modul, child friendly school, kemampuan ecoliteracy, karakter rasa ingin tahu.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2021 03:00
Last Modified: 01 Nov 2021 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70638

Actions (login required)

View Item View Item