Pengembangan Aplikasi Virtual Laboratory berbantuan Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Keterampilan Proses Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Kotagede.

Fadilurrahman, M. and Jabar, Cepi Safruddin Abdul (2020) Pengembangan Aplikasi Virtual Laboratory berbantuan Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Keterampilan Proses Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Kotagede. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-m. fadilurrahman-17712251045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan aplikasi Virtual Laboratory berbantuan Android yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 2) mengetahui keefektifan aplikasi Virtual Laboratory berbantuan Android yang dihasilkan untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem pernapasan pada manusia dan keterampilan proses siswa kelas V SD di Kecamatan Kotagede. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Kotagede. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji-t, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aplikasi Virtual Laboratory berbantuan Android yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi dari dosen ahli media dan ahli materi, serta respon guru dan respon siswa dengan kategori layak; dan 2) aplikasi Virtual Laboratory berbantuan Android yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem pernapasan pada manusia dan keterampilan proses siswa pada uji-t dan uji MANOVA secara signifikan pada taraf signifikansi < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory, pemahaman konsep, keterampilan proses, sistem pernapasan pada manusia, aplikasi, Android
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 May 2021 07:43
Last Modified: 01 Nov 2021 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70636

Actions (login required)

View Item View Item