Pengembangan Media Permainan Dakon Bertema Daerah Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV SD.

Inayah, Arih Afra and Zubaedah, Enny (2020) Pengembangan Media Permainan Dakon Bertema Daerah Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-arih afra inayah-17712251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan media dakon bertema daerah tempat tinggalku , dan (2) keefektifan media dakon bertema daerah tempat tinggalku untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini dilakukan di Kabupaten Kulonprogo dan mengembangkan media sesuai dengan10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 9 siswa pada tahap uji coba lapangan awal, 33 siswa pada uji coba lapangan utama dan 63 siswa pada uji coba lapangan operasional yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, skala dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dan observasi awal sebagai studi pendahuluan. Data kuantitatif diperoleh dari angket need analysis, skala penilaian ahli, skala respon, penilaian observasi dan tes. Skala penilaian ahli serta skala respon digunakan untuk mengetahui kelayakan yang dianalisis dengan menggunakan konversi skor ke dalam lima kategori. Keefektifan media permainan dakon bertema daerah tempat tinggalku dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa analitis dengan skor N-gain, uji-t dan uji MANOVA dengan alfa 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) media dakon bertema daerah tempat tinggalku memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil angket respon guru dan siswa dengan kriteria sangat layak; dan (2) media permainan dakon bertema daerah tempat tinggalku yang dihasilkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa kelas IV. Hasil analisis skor N-gain menunjukkan bahwa skor N-gain kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji-t dan uji MANOVA pada nilai alfa 0,05 menunjukkan bahwa media permainan dakon bertema daerah tempat tinggalku dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa kelas IV secara signifikan dengan nilai p 0,000 (p ≤ 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, rasa ingin tahu, media permainan dakon
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 May 2021 07:26
Last Modified: 01 Nov 2021 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70635

Actions (login required)

View Item View Item