Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Pengelasan Berbantuan Komputer di SMK.

Yunus, Yunus and Sugiyono, Sugiyono (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Pengelasan Berbantuan Komputer di SMK. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
disertasi-yunus-08702261015.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran teknik pengelasan berbantuan komputer (Model_PTPBK) yang memenuhi kriteria (1) valid, (2) praktis, dan (3) efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran teknik las SMAW di SMK. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan tahapan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian lapangan produk awal; (5) revisi produk utama; (6) pengujian lapangan produk utama; (7) revisi produk operasional; (8) pengujian lapangan produk operasional; (9) revisi produk akhir; dan (10) diseminasi dan implementasi. Produk penelitian dikembangkan melalui focus group discussion (FGD) dan divalidasi para ahli. Kegiatan pengembangan produk dilakukan melalui uji coba perorangan, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar. Desain uji coba “one group pretest- posttest design”. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model_PTPBK dan perangkatnya yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Hasil validasi model dan perangkatnya yang terdiri dari: (a) Model_PTPBK, (b) Panduan Model_PTPBK, (c) Silabus_PTPBK, (d) RP_PTPBK, (e) Modul Teknik Las SMAW, (f) Job Sheet Teknik Las SMAW, dan (g) Media_PTPBK masuk dalam kategori sangat valid. (2) Model_PTPBK yang dihasilkan telah memenuhi kriteria praktis. Hasil penilaian perangkat model, yaitu Media_PTPBK pada aspek pembelajaran, isi, tampilan dan pemrograman oleh siswa dan guru masuk dalam kategori sangat praktis, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran teknik las SMAW di SMK. (3) Implementasi Model_PTPBK untuk pembelajaran mata pelajaran teknik las SMAW dengan one group pretest-posttest design menghasilkan gain score ternormalisasi pada kategori peningkatan tinggi. Hasil ini menunjukkan Model_PTPBK yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif, yakni dapat meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran Teknik Las SMAW di SMK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran, teknik pengelasan, valid, praktis, efektif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 May 2021 03:11
Last Modified: 10 May 2021 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70596

Actions (login required)

View Item View Item